Bupati Samosir Ikuti Rapat Zoom dengan Dirjen Cipta Karya Terkait Penataan Kawasan Tomok

    Bupati Samosir Ikuti Rapat Zoom dengan Dirjen Cipta Karya Terkait Penataan Kawasan Tomok

    SAMOSIR - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom beserta jajaran mengikuti pembahasan bersama melalui zoom meeting dengan Dirjen Cipta Karya untuk membahas penataan Kawasan Tomok dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Jumat (13/5), yang bertempat di ruang kerja Bupati Samosir.

    Rapat melalui zoom tersebut diinisiasi Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman ( PKP ) ini adalah untuk melihat kesiapan lahan kegiatan dalam penataan kawasan Tomok Kabupaten Samosir.

    Kasubdit Wilayah I Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman ( PKP ) Airin menjelaskan, bahwa wilayah Tomok ini merupakan salah satu perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo untuk bisa dilakukan penataan, dan wilayah Tomok ini merupakan salah satu prioritas dalam pengembangan KSPN Danau Toba yang mana menjadi salah satu pintu masuk menuju Kabupaten Samosir.

    Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom memberikan apresiasi kepada semua pihak, khususnya Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang telah mendukung upaya percepatan penataan kawasan Tomok sebagai salah satu ikon wisata di Kabupaten Samosir. 

    Kedepannya, Bupati Samosir juga berharap, semua stakeholder yang terlibat dapat terus berkoordinasi agar setiap permasalahan dapat diselesaikan secara bersama dan penataan Kawasan Tomok bisa direalisasikan.

    Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rajoki Simarmata menjelaskan untuk penataaan Kawasan Tomok yang mengkonektivitaskan tiga pelabuhan yang ada di Desa Tomok Parsaoran dan Desa Tomok Induk. Dari hasil pendataan dan komunikasi dengan seluruh masyarakat yang terimbas pada deliniasi kawasan Tomok, ada sebanyak 27 pemilik lahan di Tomok Parsaoran dan 23 pemilik lahan di Desa Tomok Induk. Dari keseluruhan pemilik lahan tersebut sudah memberikan surat pernyataan dan kesediaan yang sudah disampaikan kepada Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya.

    Rajoki juga menjelaskan bahwa sampai saat ini kondisi lahan yang menjadi bagian deliniasi Kawasan Tomok sudah clean and clear. Beliau juga mengharapkan agar Detail Engineering Design (DED) yang saat ini sedang disusun oleh konsultan dapat segera diselesaikan agar bisa didiskusikan kembali dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir.

    Untuk membahas penataan Kawasan Tomok lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Samosir akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan semua stakeholder yang terlibat, agar penataan Kawasan Tomok ini dapat mengakomodir semua masyarakat yang terdampak, dan penataan ini bermanfaat bagi kesehjateraan masyarakat Kabupaten Samosir.

    Turut Hadir dalam pembahasan ini, dari jajaran Pemkab Samosir, Staff Ahli Bupati Bidang Tata Kelola Pemerintah dan SDM, Plt.Asisten I, Kadis PUTR, Ka. BAPPEDA, Kadis Kebudayaan & Pariwisata, Plt.Kadis Kominfo, Kabag Pertanahan, Camat Simanindo. Sementara hadir dari Kementerian PUPR, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah II BPIW, Kasubdit Perencanaan Teknis PKP, Kasubdit Wil I Direktorat PKP, Kepala Balai Wilayah Sungait Sumatera II, Kepala Satker Pelaksanaan dan PPK PKP Wil III Balai Prasarana Permukiman Wil II Provsu, Satgas KSPN, Tim Perencana Kegiatan dan PMS ITDP ( Karmel )

    Samosir
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Lantik Dua Kepala Desa, Bupati Samosir Minta...

    Artikel Berikutnya

    Hadiri Perayaan Paskah Oikumene Tahun 2022,...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 169

    Postingan Tahun ini: 1649

    Registered: Jul 16, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 166

    Postingan Tahun ini: 1070

    Registered: May 24, 2021

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 109

    Postingan Tahun ini: 208

    Registered: Mar 10, 2022

    KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

    KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

    Postingan Bulan ini: 82

    Postingan Tahun ini: 468

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Totong Setiyadi

    Kemenkumham Jateng Ikuti Apel Pagi Bersama Pasca Idulfitri 1443H via Teleconference
    Kemenkumkam Jateng Gandeng Polda Gelar Pembinaan Satgas Keamanan dan Ketertiban Jajaran Pemasyarakatan
    Kalapas Pasir Putih NK Ikuti Bhakti Sosial Korban Kapal Terbakar
    Usai Libur Idul Fitri, Yasonna Minta Jajaran Kemenkumham Kembali Fokus Kerja Melayani Publik

    Follow Us

    Recommended Posts

    Bersama Bupati Samosir, Walikota Yogyakarta Resmikan Kampung Wisata Tahunan
    Antisipasi Wabah PMK, Kadis Ketapang Samosir Hadiri Tatap Muka dengan Pemilik Ternak
    Hadiri Launching Kampung Nusantara Tahunan di Yogyakarta, Bupati Samosir: Dari Yogyakarta Kita Belajar Kembangkan Ekonomi Kreatif, Pelayanan
    Kebun Raya Samosir Ikut Ambil Bagian Pencetakan Rekor Muri Penanaman Spesies Terbanyak
    Petani Kelapa Sawit Indonesia Terima Kasih ke Presiden Jokowi Karena Cabut Larangan Ekspor